#

Bapenda Palopo Gelar Cuci Tangan Serentak dalam Rangka Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia

BAPENDA - Memperingati hari cuci tangan sedunia yang jatuh pada 15 Oktober 2020, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo melakukan cuci tangan massal di halaman kantor gabungan dinas.

Mengusung semangat kebersamaan dan kesehatan, Bapenda Palopo mengajak untuk mencuci tangan menggunakan sabun di tempat air mengalir.

Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi…

#

Bapenda Palopo kembali lakukan Inspeksi ke Beberapa Wajib Pungut bersama Tim Terpadu

BAPENDA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo bersama tim terpadu kembali turun inspeksi ke wajib pungut (wapu) yang di rasa main-main dalam penggunaan alat transaksi online (M-POS), Senin 28 September 2020.

Tim terpadu ini terdiri dari Satpol PP, DPMPTSP, Kejaksaan, dan Inspektorat didampingi Tim IT dari Bank Sulselbar.

Inspeksi ini bertujuan…

#

Bersama Tim Terpadu, Bapenda Palopo Lakukan Penegasan Aturan Pajak Online

BAPENDA - Badan Pendapatan Daerah Kota Palopo bersama tim terpadu yang terdiri dari Inspektorat, Satpol PP, dan DPTMPTSP melakukan pemantauan kepada wajib pungut pengguna M-POS.

Sekedar informasi, M-POS (Mobile Payment Online System) merupakan alat tranksaksi yang digunakan wajib pungut melakukan penghitungan pembayaran dari pembeli.

Pada pelaksanaannya, tim terpadu ini akan…

#

Akses Sulit,Pegawai dan Honorer Kota Palopo Salurkan Bantuan ke Posko Terdekat

BAPENDA - Banjir bandang yang terjadi selasa malam, (13/6/2020) mengakibatkan kerusakan parah di beberapa titik lokasi bencana. Tiga sungai yang meluap diantaranya sungai Sabbang, sungai Radda, dan sungai Masamba.

Ratusan rumah hanyut terbawa air. Banjir kali ini merupakan banjir terbesar dalam beberapa tahun. Korban terbanyak berasal dari Desa Radda.

Hingga…

#

Bapenda Palopo Tetap Optimis Namun Juga Realistis Penuhi Target Penerimaan PBB di Tengah Badai Corona

PALOPO–Badai pandemi virus corona pencetus penyakit Covid-19 agaknya belum terlihat mereda, bahkan dampaknya semakin meluas di tengah masyarakat.
 
Menyikapi itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Palopo dalam memenuhi target yang telah dipatok dalam pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) memilih bersikap realistis namun tetap optimis bisa melewati masa-masa sulit di tengah…

#

Bapenda Palopo Semangati Pelaku Usaha ditengah Wabah Covid-19

Meskipun Palopo bukan daerah yang masuk kategori zona merah, namun Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Palopo tetap optimis mampu melewati masa-masa sulit, saat pandemi Covid-19 belum juga dinyatakan berakhir.
 
Pasalnya, Bapenda Palopo terus mencari cara dan terobosan agar sektor penerimaan bagi pundi-pundi kas daerah bisa tetap aman meski jumlahnya tergerus…

#

PEMKOT PALOPO BERIKAN REWARD KEPADA WAJIB PUNGUT TERPATUH

PALOPO–Sumbangsih konsumen rumah makan di Kota Palopo untuk mendukung roda pembangunan melalui pajak konsumen 10 persen, sangat besar. Rata-rata per bulan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak rumah makan mencapai Rp500 juta.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo, Abdul Waris, mengapresiasi pengusaha dan pengelola rumah…

#

Sebelas Restoran Diawasi Langsung KPK

TERASKATA.id, Palopo – Sebelas Restoran di Kota Palopo kini diawasi langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebeles restoran yang dimaksud adalah Cafe Sweetness 45, La Vecchia Cafe, Rumah Makan Kapurung Mandiri, Quick Chicken Jendsud II, Quick Chicken Ratulangi I, Quick Chicken Ratulangi II, Quick Chicken Ratulangi III,…

#

Bapenda Palopo Kejar Pajak Pengusaha Hotel dan Resto

SULSELSATU.com – Dalam rangka mengoptimalkan realisasi pajak daerah, khususnya di bidang perhotelan dan restaurant, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo menyosialisasikan sistem pajak online di ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Senin (17/6/2019).

Dalam sosialisasi itu, Bapenda berkerjasama dengan Inspektorat, Bank Sulselbar dan juga difasilitas oleh KPK untuk…

#

KPK Dorong Penertiban Aset Daerah dan Optimalisasi Pendapatan Daerah dDi Provinsi Sulawesi Selatan

Makassar, Sulawesi Selatan, Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) melalui fungsi Kordinasi dan Supervisi mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan di Sulawesi Selatan melalui Program Pemberantasan KorupsiTerintegrasi. Program Pemberantasan Korupsi dilaksanakan terhadap 9 sektor, yaitu:

  1. Perencanaan dan Penganggaran APBD
  2. Pengadaan Barang dan Jasa
  3. Pelayanan Terpadu…

#

Pengusaha Walet Dikenakan Pajak 10 Persen

PALOPO — Pemerintah Kota Palopo melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan segera menarik pajak dari pengusaha sarang burung walet tahun ini.

Penarikan pajak akan dilakukan sebesar 10 persen. Sama dengan nilai rumah makan dan restoran yang lebih dulu sudah diberlakukan.
Aturan itu tertuang dalam peraturan daerah…

#

Ada Kenaikan Signifikan, Bapenda Palopo Kembali Lakukan Pendataan Ulang PBB

PALOPO — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo terus memaksimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Untuk tahun ini, Bapenda akan kembali melakukan pendataan massal PBB. Diketahui, Bapenda yang belum lama terbentuk ini sudah mulai melakukan pendataan massal PBB di tahun…

#

Bayar PBB, Bapenda Palopo Kerja Sama dengan Bank Sulselbar

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo menjalin kerjasama dengan Bank Sulselbar.

Bentuk kerjasamanya adalah pembayaran Pajak Bumi Bangunan PBB berbasis online.

Kepala Bapenda Palopo, Abdul Waris mengatakan, kerjasama dengan Bank Sulselbar dilakukan sejak bulan lalu.

Melalui kerjasama tersebut, para wajib pajak dapat mengetahui jumlah pajak yang…

#

BPK Aceh Studi Banding di Bapenda Sulsel

Makassar – Puluhan anggota Badan Pengelola Keuangan (BPK) Provinsi Aceh melakukan studi banding di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Rabu (16/1/19). Mereka memuji inovasi Bapenda Sulsel dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Sulsel.

Rombongan BPK yang beranggotakan staf dan kepala bidang dipimpin oleh Kepala BPK Aceh…

#

UPT Palopo Temukan Rokok Ilegal Merk Sport

PALOPO – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Palopo, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel mengunjungi sejumlah toko penjual rokok, Selasa (31/7). Petugas menemukan rokok merk Sport yang diduga bercukai palsu atau bukan cukai resmi yang dikeluarkan pemerintah.

Kepala UPT Pendapatan Wilayah Palopo, H. Anton Amri MP,…

#

Bapenda Palopo Mulai Terapkan Aplikasi Simda Pendapatan

SeruYa -Palopo- agar penatausahan Pendapatan Asli Daerah(PAD) di Kota Palopo berjalan dengan baik, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo mulai memanfaatkan aplikasi Sistem Manajemen Daerah (Simda) Pendapatan. Aplikasi ini sebagai sarana optimalisasi pajak atau retribusi daerah agar pemerintah daerah dapat menghasilkan laporan-laporan pengelolaan pendapatan dan piutang sebagai dokumen…

#

Pemkot Palopo Kantongi Rp 15 M dari Bapenda Sulsel

PALOPO– Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Drs H. Tautoto TR, M.Si yang diwakili Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah Darmayani M.Si membuka sekaligus membawakan materi sosialisasi pajak daerah di Hotel Mulia Palopo,  Kamis (28/06/2018).

Sosialisasi ini dihadiri seratusan peserta yang merupakan diler kendaraan, komunitas pemilik kendaraan, ASN Pemkot Palopo, mahasiswa,…

#

Pajak Progresif Sulsel Turun Disosialisasikan

MAKASSAR - Bapenda Sulsel - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan menggelar sosialisasi pajak daerah di Hotel Fave Makassar, Kamis(28/7). Terungkap bahwa pajak progresif di Sulsel sudah turun sehingga warga dapat membeli kendaraan lebih dari satu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah…

#

Libur, 11, 12, 19, 20, 17 Juni Samsat Se- Sulsel Tetap Buka

MAKASSAR – Samsat se-Sulsel tetap beroperasi seperti biasa pada libur lebaran dan libur pilkada Sulsel 27 Juni. Hal ini tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulsel Tautoto TR.

Dalam surat bernomor 973/1104/Bapenda ini dijelaskan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (pajak daerah), Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),…

#

Libur 15-17 Mei, Samsat Tak Denda Kendaraan Jatuh Tempo Pajak

MAKASSAR – Bapenda Sulsel - Kabar baik datang bagi para pemilik kendaraan yang jatuh tempo pada libur Lebaran Idul Fitri 1439 hijriah.

Pasalnya, libur lebaran yang akan jatuh selama tiga hari berturut-turut dari 15 sampai 17 Juni mendatang akan diberi kebijakan, dengan tidak didenda selama masa liburan.

Kepala UPTD Samsat Makassar 1,